Jumat, 11 Juni 2010

anak & media



Anak & media :avatar vs teletubbies???

Pasti uda pernah nonton film avatar si botak Eeng itu kan(sekarang ada komiknya juga)???atau uda pernah liat tinky winky,dippsy,lala,poo(berpelukan…)..hehe…masing-masing crita itu ada kelebihan ma kekurangannya kalo dinilai dari sudut pandang dunia psikologi anak..cek deh list dibawah ini..

Data umum

Jenis:komik

Judul:avatar

Jenis:film

Judul:teletubbies

Penyampaian content

Komik full warna

Film berdurasi singkat

content

Bercerita mengenai Eeng yang membantu temannya mengembalikan kejayaan negeri air dari serbuan negeri api

Bercerita mengenai teletubbies yang saling makan kue tabby dan membuat pudding,serta menceritakan kesibukan anak-anak kecil(bersekolah,bermain,mencuci mainan)

Tujuan/pelajaran yang bisa diambil

Kekerabatan dan sikap solidaritas antara Eeng dengan teman-temanya demi menyelamatkan kejayaan negeri air

· Sikap pantang menyerah dari tinky winky yang berhasil menuruni jalan,dipsy yang mengelilingi rumah tubby,lala yang berhasil melempar bola dan poo yang menaiki bukit dengan scooternya.

· Kebersamaan antar teletubbies(berpelukan..)

· Kebersihan dan cooperation.

Sasaran pembaca/penonton

Lebih cocok untuk anak berusia 12tahun-15tahunan(usia SMP-SMA) dan berjenis kelamin laki-laki karena berisi perkelahian saja.

Cocok untuk usia 4tahun-6tahun(usia anak-anak awal) dan berjenis kelamin baik laki-laki maupun perempuan karena tidak ada perbedaan gender disini

Pengemasan media

· Kelebihan:full colour sehingga tidak membosankan dalam membaca isi komik,bahasa lugas dan jelas jadi mudah dipahami

· Kelemahan:banyak pertarungannya,jadi mengajarkan si pembaca untuk berantem mulu,apalagi dibaca anak kecil(bisa memotivasi untuk mukul temannya tar dikelas)

· Kelebihan:full colour dan durasi cukup singkat lah,sesuai umur yang ditarget,crita bervariasi dan banyak mengandung motivasi pengajaran bagi anak kita kelak

· Kekurangan:ada yang bilang film ini mengajarin anak kita buat jadi lesbi to homo,itu dikarenakan jenis gendernya gag jelas..mana yang cew mana yang cow..

Teori yang relevan

Kenneth dodhe berpendapat bahwa anak-anak melampaui lima tahap dalam memproses informasi tentang dunia social mereka:membaca kode,menginterpretasikan,mencari satu respons,memilih suatu respons yang optimal dan bertindak. Kode2 pertarungan yang ada dalam avatar ini akan didinterpretasikan anak2 dengan kekerasan atau agresi untuk mencari respon yang sesuai menurut kognisi mereka lalu bertindak sesuai pengajaran yang ada di komik avatar tersebut seperti pertarungan untuk solidaritas yang memicu tawuran,etc.

· Menurut piaget dalam tahap praoperasionalnya. Anak pada tahap ini mulai membentuk konsep mengenai relasi,kerjasama dan motivasi pribadi.

· Rubin & sloman mengatakan bahwa anak dapat diajarkan dalam bersosialisasi dengan sebayanya,dapat melalui media film seperti teletubbies ini.

Analisis dari kedua media:masing-masing baik dari media film maupun komik diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing karena target sasaran juga berbeda. Baik dari avatar yang penuh sensasi pertarungan yang mungkin akan mengajarkan kepada anak – anak mengenai bertarung,maupun dari teletubbies yang dikemas sangat lucu dan cocok untuk balita dengan efek-efek yang sudah sesuai.

Opinion:saya lebih menyukai film teletubbies sih..secara lucu,gag butuh mikir untuk nontonya,adek-adek saya lebih aman dalam menontonnya dan motivasinya lebih banyak dari komik avatar. Dalam komik avatar itu banyak pertarungannya,ditakutkan anak yang ngebacanya bakalan kena imbas negatifnya daripada positifnya si Eeng ini tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar